Rabu, 21 Desember 2011

My Space terjual USD 35 Juta

MySpace Terjual Senilai USD35 Juta?

MySpace
CALIFORNIA - News Corp kabarnya berhasil menjual jejaring sosial MySpace. Namun yang mengejutkan, harga jual MySpace disinyalir hanya mencapai USD 35 juta.

Pembeli MySpace adalah perusahaan media digital Specific Media yang menolak membeberkan harga jual jejaring sosial tersebut. Namun reporter AllThingsD Kara Swisher mengklaim bahwa Specific Media membayar USD35 juta untuk MySpace. Demikian dilansir Cnet, Kamis (30/6/2011).

Jika kabar itu terbukti benar, News Corp jelas 'membanting harga' besar-besaran untuk menjual MySpace. Pasalnya, raksasa media itu menggelontorkan hingga USD580 juta ketika membeli MySpace pada 2005 lalu.

"MySpace adalah salah satu pemimpin yang mengawali tren media sosial. Mereka telah mengubah cara publik menemukan dan mengkonsumsi konten online," tutur CEO Specific Media Tim Vanderhook dalam pernyataan resminya terkait pembelian tersebut.

"Terdapat banyak sinergi antara kedua perusahaan karena kami sama-sama fokus pada media digital. Kami tidak sabar mengkombinasikan platform kedua perusahaan untuk mendorong inovasi digital berikutnya," lanjut Vanderhook.

Analis Gartner Michael Gartenberg mengatakan penjualan ini menunjukkan betapa dinamisnya perkembangan media sosial, serta cepatnya perubahan selera konsumen.

"Pertanyaan fundamentalnya adalah kemana perginya nilai USD550 juta itu? Kemudian timbul kekhawatiran bagi para pemain kecil dalam industri ini, yang saat ini mungkin mengalami sukses. Akan tetapi mereka mungkin akan menyadari bahwa konsumen akan menyukai semua hal terbaru yang menghampiri mereka," imbuh Gartenberg.

Berdasarkan data dari Compete.com, MySpace hanya mampu merengkuh 30,79 unique visitor sepanjang Mei lalu, yang notabene turun 6,34 persen dibandingkan bulan sebelumnya serta turun 54,47 persen dari pencapaian tahun lalu.

0 komentar:

Posting Komentar