Senin, 07 November 2011

Jelajah negeri koprol – social networking made in anak negeri

Jelajah negeri internet episode 1, ke negeri “KOPROL” sebuah negeri ( baca situs ) pertemanan buatan anak negeri yang baru saja di akuisisi oleh Yahoo.com. Sudah punya account facebook, tentulah setiap anak muda bahkan orang tua punya facebook, seperti kita tahu facebook itu asyik buat apa saja, bahkan banyak dari kita bertemu kawan lama di facebook, juga bertemu kawan baru. Namun kali ini kita tidak akan menjelajahi negeri facebook, tapi negeri sejenisnya yang bernama koprol.

koprol facebook indonesiaUntuk masuk ke negeri ini, rekan cukup punya email sebagai tanda pengenal dan mendaftar di http://www.koprol.com , caranya cukup register dengan mengisikan nama dan alamat email, setelah itu buka email cari email masuk dari koprol kemudian klik link untuk konfirmasi, atau juga rekan bisa mendaftar dengan menggunakan account facebook / twitter / account email yahoo mail atau gmail. caranya tinggal klik saja salah satu button logo.
Oke anggaplah kita sudah menjadi anggota di koprol.com, selanjutnya apa yang bisa kita lakukan :
Apa kelebihan koprol jika dibanding dengan negeri sejenisnya :
Di Koprol penggunannya bisa check-in untuk memberitahu lokasi mereka sekarang, seperti negeri sejenisnya dari US yaitu foursquare,com. Setelah check-in, pengguna dapat melihat temannya yang berada di area sama, juga bisa mendapat informasi tentang kejadian atau tawaran yang ada di sekitar mereka, cukup asyik bukan ?
Menurut pendiri Koprol, Satya Witoelar, kopi darat biasa dilakukan para anggota jejaring sosial setelah mereka berkenalan di ranah maya. “Itu kebiasaan di Indonesia,” ujarnya. Data lokasi yang tersedia di Koprol memang belum lengkap dan masih akan ditambah. Tapi jangan harap semua lokasi tersedia di sini layaknya buku telepon Yellow Pages.
Penambahan titik lokasi hanya difokuskan pada tempat-tempat yang sesuai dengan kebiasaan pengguna Koprol. “Kami prioritaskan tempat ‘gaul’, seperti mal, resto, kafe, atau kafe angkringan yang banyak dikunjungi pengguna,” kata pria 33 tahun ini.
Pada tahap awal ini, pihaknya masih mematangkan data lokasi di Jakarta. “Mungkin lebih berguna untuk warga kota yang sibuk seperti Jakarta.” Tapi jangan khawatir, Koprol juga menyediakan lokasi kota besar lain, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar.
Untuk mengembangkan Koprol, Satya dibantu tiga orang temannya, yakni Fajar Budi Prasetyo, Leo Laksmana, dan Daniel Armanto. Satya mengakui sudah banyak jejaring sosial lokal di Indonesia. Namun, hingga kini belum ada yang berbasis lokasi yang bisa diterima pengguna di Indonesia
Karena masih versi beta, tak semua orang bisa mendaftar jadi anggota Koprol. Untuk menjadi anggota harus menunggu undangan dari orang yang sudah menjadi anggota. Namun, ini tak akan lama. Satya berjanji, dalam waktu dekat siapa saja bisa menjadi anggota Koprol. “Tidak harus menunggu di-invite,” katanya.
KOPROL versi mobile / handphone juga tersedia
mengakses koprol dari handphone dengan versi mobilenya tentu sangat membantu sekali, apalagi saat kita ada di tempat umum.
Cara mengkases koprol via handphone / mobile adalah sama dengan mengkases situs versi wap lainnya cukup masukkan alamat http://m.koprol.com di browser handphone setelah itu kita bisa login. Login disini tentu saja jika kita mendaftar sebelumnya.
Di blog resminya koprol menyebutkan saat review (jelajah) negeri ini sudah ada anggota 75.000 member dan kini telah diakuisisi oleh Yahoo.

0 komentar:

Posting Komentar