Senin, 07 November 2011

Koprol Karya Anak Negeri Sendiri

Jejaring sosial kreasi anak negeri ini mulai digemari. Maklum, jejaring sosial berbasis tempat ini memungkinkan orang lain tahu di mana Anda berada.
Koprol sedang naik daun. Jejaring sosial ini makin digemari, khususnya anak-anak muda. Selain bisa menulis status, Anda juga bisa menunjukkan di mana sedang berada. Inilah kelebihan Koprol dibanding jejaring soasial lainnya, seperti Twitter dan Purk.

Sayangnya, Koprol belum dilengkapi dengan fitur latitude , seperti halnya layanan di Google Map. Jadi pengguna harus check in jika berpindah tempat. Jika tidak melakukan check in , maka status Anda tak akan berubah, masih seperti di tempat terakhir Anda chek in. Padahal jika pengguna menggenggam perangkat mobile yang sudah dilengkapi GPS, tak perlu lagi melakukan check in . Walau sebaiknya jika ada layanan itu, juga diberi option untuk melakukan setting tempat manual.
Koprol juga memungkinkan Anda berbagi informasi tempat di seluruh penjuru dunia. Lantaran saat check in Anda bisa memberi komentar tempat di mana Anda check in . Misalnya, jika sedang ngopi di café Idol, Kemang dan Anda check in di café itu, Anda bisa menuliskan komentar soal kafe itu. Bagaimana suasananya, menu andalan, harga dan sebagainya. Informasi itu tentu akan sangat berguna bagi kops (sebutan untuk pemilik akun Koprol) yang check in di tempat itu.
Koprol juga sudah terhubung dengan Facebook, Yahoo, Google, Twitter, dan FireEagle. Anda bisa mengeset, jika update di Koprol, otomatis akan meng-update status di Facebook, Twietter, Google, Yahoo, dan FireEagle. Jadi sekali update, 5 akun akan mengikuti.
Berbagi Informasi
Untuk menjadi anggota Koprol sangat mudah. Hanya ada 5 kolom yang Anda isi, yakni username, password , tanggal lahir, jenis kelamin, dan email. Bahkan untuk membuat akun Koprol, Anda bisa masuk dari account Yahoo, Twitter, Facebook, atau Gogle. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi mengingat-ingat username dan password .
Koprol yang kini sudah diakuisisi oleh Yahoo ini, juga menyediakan fitur following dan followers seperti halnya di Twitter. Selain itu, Anda juga bisa mencari teman dan meng-invite teman yang belum punya akun Koprol.
Seperti halnya jejaring sosial lainnya, Koprol juga menyediakan layanan untuk meng-upload foto. Jadi Anda tetap bisa narsis di mana pun Anda berada. Yang jelas, dengan status singkat, foto, dan lokasi tempat, memungkinkan Anda memberi informasi lengkap tentang suatu tempat kepada teman-teman Anda.
Dari tampilan di web, situs ini juga menarik. Tampil dengan warna-warna cerah dengan dominasi warna hijau. Untuk aplikasi di perangat mobile (HP adan Blackberry) juga tak kalah apik. Selain simple, juga mudah dioperasikan.
Oleh pembuatnya, Koprol diciptakan untuk berbagi pengetahuan dan informasi tentang suatu tempat. Juga menghubungkan orang-orang baru yang memiliki minat di dunia dan jadi lahan diskusi sesuatu masalah. Jadi, sudah siap para Kops?
Foto: IST
Serupa Tapi Tak Sama
Selain Koprol juga ada juga jejering sejenis, yakni foursquare, fireeagle, dan gowalla. Tapi ini produk luar negeri. Ketiganya memang masih mendominasi jejaring sosial berbasis tempat. Mereka juga sama-sama mengandalkan Google Map untuk menentukan posisi user dan mewajibkan user untuk check in.
Koprol dan ketiga jejering berbasis tempat ini memang nyaris serupa. Kalau toh ada perbedaan, hanya beberapa layanan saja. Misalnya, Koprol telah mempunyai layanan Top Places Nearby, sementara foursquare tidak memiliki.
Sebaliknya, foursquare punya layanan yang memungkinkan seseorang mendapatkan medal cyber jika kerap melakukan perjalanan. Dan tiap user juga punya tingkatan sendiri-sendiri. Semakin sering berpergian, maka semakin tinggi tingkatannya.
Soal mengundang teman, program keduanya juga nyaris sama. Sama-sama bisa mencari teman lewat Facebook, Goggle, maupun Yahoo. Hanya saja, tampilan foursquare lebih besar dengan ikon-ikon foto teman-teman kita, plus tombol add. Jadi akan lebih mudah bagi kita untuk mencari teman.
Sementara untuk pemegang Blackberry, foursquare juga sudah memiliki apalikasi yang bisa di-download. Aplikasi ini tergolong kecil, hanya 336 kb, sehingga tidak menyesaki memori. Aplikasi foursquare juga mudah untuk dioperasikan.

0 komentar:

Posting Komentar