Rabu, 21 Desember 2011

Facebook vs Myspace! Manakah Yang Lebih Aman?

Facebook vs Myspace! Manakah Yang Lebih Aman?


Walau pun muncul belakangan di banding jejaring sosial atau pertemanan lainnya, Facebook justeru menjadi yang teratas dalam menggaet 'user' atau pengguna. Tak kurang dari 250 juta user di seluruh dunia kini terdaftar di Facebook.

Dengan sendirinya, ini melampaui popularitas Myspace yang sempat menjadi primadona. Kendati masing-masing gagasannya digelindingkan oleh dua anak muda warga Amerika; Tom Andersen (Myspace) dan Mark Zuckerberg (Facebook) namun dalam kebijakan privacy-nya, keduanya ternyata sangat berbeda.

Sebagai pengguna kedua fasilitas jaringan pertemanan itu, saya bisa menemukan dan mengemukakan masing-masing kelebihan dan kelemahan di antara keduanya.

Myspace :
1. Kelebihan
~ Jumlah teman tak dibatasi. Mau sejuta atau semilyar teman kita punya dalam satu 'account', no problem.
~ Skalanya lebih terasa internasional dan luas sehingga kita mudah meng-add teman dari berbagai negara.
~ Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
~ Tak bisa dan tak boleh mengupload gambar-gambar yang tidak sopan dan tak senonoh.
~ Tidak berafiliasi dengan berbagai aplikasi atau \'pimp\' sehingga data atau gambar-gambar yang kita upload hanya menjadi milik kita dan Myspace tanpa dibagi pada pihak lain.
~ Sangat mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
~ Membuat slide, edit foto, bahkan membuat kartu Ulang Tahun dengan fasilitas Myspace sendiri, tanpa pihak ketiga.
~ Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
~ Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya,
~ Bisa setting pribadi untuk foto-foto yang kita pasang sebagai foto profil.
~ Memiliki kolom khusus untuk komentar sehingga tak bercampur dengan menu lainnya.
~ Lebih mirip sebuah website.

2. Kelemahan :
~ Membatasi usia user minimal 18 tahun.
~ Tak ada sistem 'wall to wall' yang bisa digunakan untuk saling komentar antar dua pihak.
~ Tak ada sistem 'tag' dan 'share' dalam blog atau catatan.

Facebook :
1. Kelebihan :
~ Bebas mengupload gambar apapun yang kita mau dan dan membuat settingnya seperti yang kita inginkan. Fitur ini mendukung total liberalitas dan gaya hidup setiap user.
~ Tak ada batasan usia user.
~ Membebaskan user untuk setting profilnya secara tersembunyi atau 'unreachable' sehingga tak perlu repot mempertimbangkan \'request\' dari orang yang tak dikenal.
~ Dalam beberapa hal setting-nya sangat bebas dan luas sehingga memungkinkan kita upload foto pribadi yang hanya bisa dilihat oleh seseorang yang kita maksud, misalnya.
~ Membebaskan user untuk membuat sebuah petisi atau sejenisnya berkaitan dengan hobi, minat, gaya hidup atau pun afiliasi politik.
~ Sistem pertemanannya lebih mirip komunitas terbatas atau regional sehingga antar teman bisa lebih mudah akrab.
~ Bisa upload video dan memiliki 'embed' atau kode yang bisa dicopy-paste ke situs lain.
~ Sangat mudah membagikan sebuah konten dengan adanya sistem 'tag' dan 'share'.

2. Kekurangan :
~ Untuk setiap account, user hanya bisa memiliki maksimal 5000 teman.
~ Harus login dan menyetujui sebuah aplikasi jika kita ingin menerima kiriman berbasis Javascript.
~ Setiap aplikasi yang kita menerima dan menggunakannya, bebas dan berhak atas semua data, gambar, informasi dan konten yang kita miliki serta bisa menggunakannya secara bebas sesuai keinginan mereka.
~ Desain halaman sangat sederhana walaupun user memakai aplikasi layout tetaplah tak semewah dan seindah Myspace.
~ Chat room-nya tak sepribadi Myspace. Kita tak bisa chat di Facebook dengan status 'offline' atau 'hidden'.
~ Setiap foto atau gambar yang kita gunakan untuk foto profil, tak bisa di-set up secara pribadi.
~ Halaman profil lebih mirip 'gado-gado' dan tidak tematik sehingga dalam satu dinding, berbagai konten bisa nampang; komentar, video, update status bahkan kiriman-kiriman lain dari teman.
~ Beragamnya aplikasi yang bisa diakses dengan mudah oleh user dengan tanpa batas usia - termasuk konten dewasa - cenderung sangat berbahaya dan mengerikan.
~ Menjamurnya berbagai aplikasi dan kuis-kuis yang sekilas sangat menghibur, merupakan jalan tol yang mulus buat virus memasuki dan mewabahi software komputer kita.

Itulah plus dan minus Facebook dan Myspace sehingga dengan mencermati ini kita bisa memfilter diri sendiri demi keamanan dan kenyamanan kita dalam berinteraksi dengan dunia maya. Bagaimana pun baik buruknya sebuah fenomena tergantung dari kemampuan kita menyikapinya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar